PELEPASAN PESERTA DIDIK

Sekolah sebagai lembaga yang mengemban amanat dari masyarakat untuk mendidik putra/i mereka menjadi manusia yang berahlak mulia, bertaqwa, berkepribadian, berbudi pekerti luhur, cerdas, mandiri, sehat jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan pendidikan.  Berkenaan dengan hal tersebut diatas SMP  Negeri 3 Satu Atap Pejawaran bermaksud secara resmi menyerahkan kembali peserta didik secara formal, kepada orang tua masing-masing sebagai pertanggungjawaban  moril dari amanat yang telah diemban. Kegiatan tersebut dikemas dalam acara Pelepasan.

Pelepasan peserta didik Kelas IX adalah salah satu kegiatan yang telah diprogramkan dalam kegiatan OSIS maupun Komite Sekolah (Perwakilan Orang Tua/Wali Murid) SMP Negeri 3 Satu Atap Pejawaran periode 2016/2017, dimana penyelenggaranya menjadi wadah silaturahim antar peserta didik, orang tua siswa, para guru dan karyawan serta pemangku keputusan lain yang ada disekolah. Kegiatan pelepasan siswa ini dilakukan untuk mewujudkan harapan dan kebersamaan sehingga menambah tali persaudaraan antar sesama.

Kebersamaan yang terjalin dibuktikan dengan pelepasan yang dilaksanankan berbarengan  5 lembaga pendidikan, yakni SMPN 3 Satu Atap Pejawaran, SDN 1 Ratamba, SDN 2 Ratamba, TK PGRI Ratamba dan PAUD Abdurrihim Ratamba. Hal ini karena keharmonisan yang selalu terjaga diantara bapak/ibu guru dan karyawan dan Komite sekolah ke 5 lembaga pendidikan tersebut.

Adapun acara diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2016, bertempat di halaman SMPN 3 Satu Atap Pejawaran/SDN 1 Ratamba. Kepanitiaan diambil dari 5 lembaga pendidikan tersebut . Hadir sebagai tamu kehormatan adalah Kepala Desa Ratamba.

Tujuan  dieselenggarakan acara pelepasan peserta didik adalah sebagai berikut :

  1. Mengukirkan kenangan indah antarpeserta didik yang tidak dapat dilupakan.
  2. Mengungkapkan syukur kepada Tuhan dan ungkapan terima kasih kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang telah membimbing, membina dan mendidik.
  3. Memberikan pembekalan terakhir bagi peserta didik sebelum mereka meninggalkan sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Menyerahkan kembali secara resmi peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan kepada orang tua  masing-masing.
  5. Memberikan apresiasi baik kepada peserta didik maupun kepada para guru dan karyawan yang telah bekerja sama melaksakan tugasnya sesuai  dengan peranannya.
  6. Membantu peserta didik mengenanglingkungan sekolah  secara lebih mendalam dan lebih dekat, sehingga tercipta suasana kekeluargaan.
  7. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentangpentingnya silaturahim sehingga dapat menciptakan tata krama yang baik serta saling menghargai, menghormati sesama manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial.
  8. Agar peserta didiksaling mengenal, memahami dan melaksanakan kepedulian sosial sesama peserta didik di sekolah, khususnya cara menjaga silaturahim alumnus dengan almamater.
  9. Memotivasi peserta didik merasa bangga dan merasa memiliki terhadap sekolahnya sehingga tumbuh rasa tanggung jawab untuk mengangkat, merawat serta menjaga nama baik sekolah.

Pelepasan kali ini tidak bisa dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 3 Satu Atap Pejawaran, karena beliau mendapat amanah dari P4TK untuk Diklat Calon Narasumber Nasional Guru Pembelajar di Makassar dari tanggal 24 mei s.d. 2 juni 2016. Tanpa mengurangi kemeriahan dan kehidmatan acara, beliau berpesan “bahwa ilmu yang kalian miliki belumlah cukup untuk itu janganlah berhenti sampai disini, belajarlah terus untuk menggapai cita-citamu dengan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi”

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa, ukirlah dengan tinta emas disetiap langkah menuju cita dan harapan dimasa depan. Selamat berjuang anak-anaku !

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Tinggalkan komentar