PENTAS APRESIASI SENI DAN BUDAYA

 

DSCN1745
Upacara Pembukaan
DSCN1767
Sambutan Kepala Sekolah

Seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian peserta didik terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia yang semestinya kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah begitu kuatnya arus budaya asing yang masuk hingga ke pelosok-pelosok desa bahkan sudah merambah ke pegunungan. Sehingga mengakibatkan kecintaan terhadap kebudayaan bangsa Indonesia semakin luntur.

Oleh karena itu didalam upaya pelestarian dan meningkatkan kecintaan terhadap kesenian dan kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam, pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 3 Satap Pejawaran berupaya melakukan kegiatan pentas seni dan budaya melalui program kerja OSIS tahun 2015/2016.

Pelaksanaan kegiatan yang dinamai “Pentas Apresiasi Seni dan Budaya” dilakukan pada saat jeda tengah semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 SMPN 3 Satap Pejawaran, yakni dilaksanakan pada  tanggal 19 Maret 2016, dengan mengambil tema “Kembangkan Potensi, Tingkatkan Percaya Diri” Kegiatan dikemas dalam bentuk lomba antar kelas yang mana maksimal kelas menampilkan 4 karya seni dan budaya..

Adapun tujuan kegiatan dilaksanakannya “Pentas Apresiasi Seni dan Budaya” di SMPN 3 Satap Pejawaran adalah :

  1. Mempererat tali silaturahmi antar peserta didik melalui suatu wadah kegiatan yang positif dan produktif.
  2. Melatih dan mengembangkan semangat untuk bekerja sama dalam satu tujuan.
  3. Mengembangkan bakat, minat dan potensi terhadap seni dan budaya serta mendukung usaha pelestrarian budaya bangsa
  4. Mewadahi, menyalurkan, dan membina peserta didik dalam kegiatan seni dan budaya sehingga mampu menumbuhkan motivasi inovasi dalam pelestarian budaya bangsa yang akan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  5. Meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan rasa percaya diri
  6. Sebagai sarana hiburan bagi peserta didik

Antusias peserta didik sangat membanggakan, terbukti dari beragam karya yang dipentaskan sebagai berikut :

  1. Pentas Drama
  2. Guitar tunggal
  3. Baca Puisi
  4. Opera
  5. Pantomim
  6. Tarian Tradisional
  7. Paduan suara
  8. Menyanyi tunggal

Semoga karya peserta didik SMPN 3 Satap Pejawaran  yang dipentaskan dapat memberikan warna tersendiri bagi kemajuan sekolah dalam bidang seni dan budaya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

Tinggalkan komentar