UPACARA BENDERA

DSCN2325

Upacara bendera di sekolah mempunyai makna yang dalam sekali. Pengaruh teknologi juga diduga menjadi salah satu sebab penghayatan terhadap upacara bendera kian menipis. Perkembangan teknologi yang melesat cepat itu berpengaruh  terhadap pola pikir generasi muda masa kini. Hal-hal yang instan mengalahkan segala sesuatu yang sifatnya seremonial. Penyebab lainnya, di duga pola  pembelajaran yang diberikan guru tentang pentingnya upacara bendera di sekolah kurang menarik. Sehingga mereka kurang menyukai terhadap hal-hal yang berbau bendera dan bela negara. Adalah SMPN 3 Satap Pejawaran sebuah lembaga pendidikan yang harus mampu mempersiapkan pemimpin masa depan yang bertakwa, berintegritas tinggi, mempunyai daya juang yang kuat, mempunyai kepribadian yang utuh, berbudi pekerti luhur, mandiri serta mempunyai kemampuan intektual yang tinggi. Semua visi itu akan terwujud bila pelaksanaan upacara di sekolah telah terbina dengan baik. Di sinilah school culture berperan.

Untuk menjawab tantangan tersebut SMPN 3 Satap Pejawaran brusaha untuk selalu melakukan upacara bendera setiap hari Senin dan hari-hari besar Nasional serta mengirimkan pleton untuk mengikuti upacara pada moment-moment tertentu. Hal ini untuk mempertebal rasa persaudaraan, dan rasa nasionalisme. Karena nilai yang terkandung dalam upacara bendera mencakup beberapa hal, di antaranya :

  1. menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air
  2. menumbuhkembangkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.
  3. membiasakan peserta didik bersikap tertib dan disiplin,
  4. membiasakan peserta didik berpenampilan rapi,
  5. meningkatkan kemampuan memimpin,
  6. membiasakan kesediaan dipimpin,
  7. membuat peserta didik patuh pada aturan,
  8. dan menanamkan tanggungjawab.

Upacara bendera di SMPN 3 Satap Pejawaran harus terus dilakukan. Kehadirannya harus terus semakin disempurnakan agar peserta didik mempunyai sikap patuh terhadap aturan yang berlaku menghargai pentingnya disiplin, rapih dalam berpakaian, menjaga kebersihan, kekompakan. Mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, menghargai jasa para pahlawannya, dan yang paling penting mengajak peserta didik untuk senantiasa bangga akan bangsanya. Bangsa Indonesia!

Hal –hal yang dilakukan SMPN 3 Satap Pejawaran menuju upacara yang bermutu sehingga apa yang akan kita gapai dapat terealisasi, antara lain :

  1. Melakukan perencanaan yang matang dengan melatih petugas upacara dengan cermat oleh pengurus OSIS, dengan dibimbing oleh wali kelas dan Pembina OSIS.
  2. Upacara bendera bukan hanya menjadi kegiatan seremonial, tapi dijalankan dengan tulus. Para petugas upacara di SMPN 3 Pejawaran dilakukan secara bergiliran. “Agar anak bisa belajar dipimpin dan memimpin,”
  3. Pembaharuan peralatan upacara agar menambah khidmatnya upacara bendera.
  4. Pengadaan pakaian khusus bagi petugas upacara dengan segala atributnya.
  5. Mengevaluasi kegiatan Upacara bendera yang dilaksanakan, agar upacara selanjutnya lebih baik.

Semoga peserta didik SMPN 3 Satap Pejawaran mampu menerapkan nilai-nilai upacara bendera ini dalam kehidupannya sehari-hari, baik di sekolah maupun dimasyarakat.

Tinggalkan komentar